Bagaimana si caranya agar kita tahu ciri-ciri fisik trombosit turun pada seseorang?. Untuk menjawab pertanyaan ini kita harus paham Apa itu trombosit?. Trombosit (platelet), berfungsi untuk mendukung proses pembekuan dan mencegah adanya pendarahan. Cara kerja trombosit seperti pembeku atau penyumbat yang membentuk suatu gumpalan pada pembuluh darah yang terbuka atau bocor. Sumber produksinya berasal dari sel di dalam sumsum tulang sel megakaryocytes atau orang dewasa pada umumnya memiliki trombosit normal pada kisaran 150.000-45.000 permikroliter darah.

ciri-ciri trombosit darah mengalami penurunan


Penyebab trombosit turun drastis yang paling umum di Indonesia adalah DBD. Jika trombosit menurun di ambang batas normal, keadaan ini dapat  disebut dengan trombositpenia. Lalu bagaimana cara kita mengetahui ciri trombosit seseorang menurun? Berikut adalah beberapa  ciri-ciri fisik trombosit turun.


Ciri-ciri Fisik Pada Seseorang Ketika Trombositnya Turun


Untuk mengetahui jumlah trombosit seseorang turun memang tidak bisa dilihat dengan kasat mata namun harus menggunakan alat khusus dari rumah sakit atau dokter tertentu. Namun kita bisa melihatnya dari ciri-ciri fisik trombosit turun. Berikut ciri-cirinya :

1. Mudah Mengalami Memar dan Terlihat Bintik Ungu Kemerahan di bawah Kulit
Biasanya jika terjatuh tubuh akan mudah mengalami memar, kemudian di bawah kulit tampak perdarahan seperti ruam bintik-bintik berwarna ungu kemerahan, biasanya ruam bintik ini berada di telapak kaki.

2. Sering Mimisan dan Mengalami Gusi Berdarah
Ciri atau tanda ini juga bisa jadi menjadi ciri fisik rendahnya trombosit pada tubuh, karena ketika pembuluh darah pecah tak ada proses penyembuhan. Untuk mencegahnya kita bisa membuat obat tradisional penambah trombosit seperti jus jambu merah dan angkak.  Dan untuk menghentikan mimisan bisa menggunakan daun sirih.

3. Mudah Capek/Lelah
Ciri trombosit turun selanjutnya yakni mudah mengalami kelelahan padahal tidak mengerjakan aktivitas yang berat. Ciri ini menjadi salah satu indikasi terjadinya penurunan trombosit pada tubuh, sering begadang juga menjadi penyebab trombosit turun.

4. Luka Perdarahan Sukar Sembuh/Membeku
Ketika terluka mengalami pendarahan hebat dan sukar untuk berhenti. Kemudian bagi perempuan saat terjadi menstruasi dan darah tak kunjung berhenti juga merupakan ciri dari trombosit rendah. Feses atau urin berdarah juga menjadi ciri trombosit menurun dibawah batas normal.

Ciri-ciri fisik trombosit turun juga bisa menjadi fatal ketika trombosit mengalami penurunan dibawah 10.000, pendarahan organ dalam sangat mungkin dan mudah terjadi. Jika hal lebih buruk terjadi segeralah hubungi dokter.