Kutil atau biasa juga disebut kutil plantar dan yang juga populer dengan sebutan mata ikan dapat tumbuh di permukaan kulit. Penyakit ini biasa disebabkan oleh infeksi kecil yang bila sudah parah akan membutuhkan operasi untuk mengatasinya. Selain itu, kutil juga bisa menular sehingga keberadaannya sangat mengganggu tidak hanya bagi penderita, namun juga orang di sekitarnya. Apakah Anda pernah mengalami hal tersebut? Bahkan bila Anda saat ini sedang mengalaminya, Anda tidak perlu khawatir karena Anda akan mendapatkan informasi tentang obat kutil tradisional yang sudah terbukti mujarab.



Karena sifatnya tradisional, maka obat kutil tradisional ini pun dapat Anda buat sendiri di rumah. Mari kita mulai. Obat yang pertama, Anda membutuhkan pepaya muda. Pepaya muda tersebut perlu Anda haluskan terlebih dahulu. Setelah itu, tempelkan pada kutil dengan balutan kain kassa. Namun bila Anda tidak memiliki pepaya muda, Anda bisa menggunakan bawang putih. Prosesnya sama, yakni dengan dihaluskan terlebih dahulu dan dibalut dalam kain kassa agar lebih dalam mengenai kutil atau mata ikan tersebut. Dua obat kutil tradisional ini sangat mudah untuk didapatkan, bukan? Tapi bukan itu saja lho.

Anda bisa menggunakan herbal yang lain seperti tumbuhan ceremai. Prosesnya pun sama, haluskan lalu balutkan pada bagian yang sakit dengan kain kassa. Begitu juga dengan kapur sirih, haluskan, bubuhkan pada bagian tersebut, kemudian balut dengan kain kasa. Cara yang berbeda adalah dengan menggunakan batu apung. Ambil batu apung, bersihkan, kemudian rendam kaki Anda pada baskom dengan air bersih. Gosok-gosokkan bagian kutil atau mata ikan tersebut. Bila berdarah, maka hentikan dan segera balut dengan kain bersih atau kain kasa.

Nah, sekarang Anda memiliki pilihan obat kutil tradisional lebih banyak. Yang manakah yang akan Anda coba terlebih dahulu? Obat manapun yang akan anda pilih, pastikan obat kutil tersebut original agar khasiatnya bisa maksimal untuk menghilangkan kutil anda. Semoga bermanfaat bagi anda yang memiliki kutil di tangan ata kaki.